Raih Berkah Ramadhan "Baiti Jannaty" dalam Pesantren Online Skandry


Perpanjangan masa belajar di rumah hingga 1 Juni 2020, sebagaimana himbauan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Hal ini dengan pertimbangan penyebaran wabah COVID-19 yang belum reda di Jawa Timur. Serta terkait kegiatan pendidikan dalam kalender pendidikan selama sisa April sampai Juni 2020.


Menyikapi hal tersebut, SMK Negeri 1 Driyorejo menerbitkan Surat edaran kepada orang tua dan wali murid  Selama proses pembelajaran di rumah, yang berisi himbauan untuk memantau dan mengawasi putra-putrinya masing-masing. Serta mengawal dalam pengerjaan tugas – tugas yang sudah diberikan oleh pihak sekolah.

Diketahui pada akhir April mendatang telah memasuki Bulan Ramadhan, sehingga dilakukan kegiatan pembelajaran fakultatif,  yakni pembelajaran non kurikulum yang diisi Pondok Ramadhan dan pendidikan karakter. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang biasanya dilaksanakan secara offline untuk kegiatan Pondok Ramadhan tahun ini dilakukan secara on line / daring. 

Tema kegiatan Pesantren Ramadhan tahun 1441 H secara nasional adalah Baiti Jannati, Mengembalikan rumah sebagai Pusat Pendidikan Pertama dan Utama. Yakni 1) Pembiasaan tilawah dan tartilul Al Qur’an, Murajaah memperbaiki kualitas bacaan, serta melatih hafalan, 2) Melaksanakan Ibadah Sholat Lima waktu, Qiyamul lail, sholat tarawih secara rutin, 3) Literasi dan mengkaji pengetahuan dan tsaqofah Islam seperti Fiqih Islam, sirah dan tarikh Islam, Tafsir Qur’an dan ulumul hadist. 

Ibu Anik, S.Pd selaku Ketua Pelaksanaan Pesantren Ramadhan Online di SMK Negeri 1 Driyorejo menyampailan bahwa Hasil evaluasi keaktifan siswa dalam kegiatan pesantren Ramadhan ini dapat dijadikan rujukan dan pertimbangan pemberian nilai akhir khususnya Mata Pelajaran PAI di semester Genap.

Selain Itu SMK Negeri 1 Driyorejo  membentuk tim pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah. Meskipun tidak ada himbauan khusus dan dilakukan secara sukarela dengan mekanisme transfer ke rekening sekolah, alhamdulillah donasi yang terkumpul makin meningkat dari tahun lalu. 



Zakat yang terkumpul didistribusikan dan dibagikan  kepada siswa – siswa yang kurang mampu di lingkungan sekolah. Ada sekitar 175 mutahiq yang berhak menerima, dan diserahkan pada hari Rabu, 13 Mei 2020. Semoga semua yang berpartisipasi dalam kegiatan ini baik panitia maupun yang menunaikan Zakat Fitrah mendapatkan barokah Ramadhan dan kembali Fitri, serta bermanfaat bagi yang berhak menerima zakat. Terang Abah Haji Drs. Muhammad Basyir, M.Ag selaku koordinator pengumpulan Zakat di SMK Negeri 1 Driyorejo.
















Share:

Cari Artikel