MPLS SKANDRY 2019, SERU BIKIN HARU


PENUH EDUKASI, SINERGI DAN INSPIRASI YUK INTIP KESERUAN KEGIATAN MPLS SMKN 1 DRIYOREJO



Setelah melalui tahapan PPDB yang bikin deg degan dan geregetan. Hati gundah pikiran goyah, karna kebijakan zonasi dalam proses penjaringan peserta didik baru tahun ajaran 2019 / 2020. Meski banyak menuai prostes dan kritik serta menguras tenaga extra akhirnya tuntas sudah proses PPDB dan terpenuhi seluruh Pagu.

Awal tahun pelajaran 2019 / 2020 dimulai pada hari Senin (15/07). Di mulai dengan upacara bendera yang secara rutin diselenggarakan sekaligus pembukaan  kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).  Sebelumnya di hari sabtu (13/07) diadakan kegiatan Pra MPLS dimana para peserta didik baru SMKN 1 Driyorejo mempersiapkan apa saja yang harus dilakukan selama 5 hari ke depan.


Acara MPLS dibuka dan dipimpin langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Driyorejo, Drs. H. Suyono, M.M. Saat amanat upacara berlangsung Abah Yono (panggilan akrab Drs. H. Suyono, M.M.) mengucapkan selamat datang kepada kelas 10 yang baru juga selamat masuk kembali bagi kelas 11  dan 12 yang naik kelas. Pada Upacara kali ini Abah Yono menyampaikan beberapa aturan yang ada di SMKN 1 Driyorejo. Acara peresmian MPLS, dimana perwakilan peserta maju ke depan lalu kepala sekolah mengalungkan id card mereka sebagai tanda kalau MPLS resmi dibuka.

Pada hari pertama ini, Setelah apel pembukaan dan absen, para peserta kelas 10 diarahkan ke aula lantai 3 untuk mengikuti materi kesehatan reproduksi dan bahaya freesex yang disampaikan oleh puskesmas driyorejo, disambung dengan materi bahaya narkoba yang disampaikan oleh BNN Gresik. Dari kedua materi diatas, para peserta didik diharapkan bisa terhindar dari bahaya-bahaya kenakalan remaja dan prilaku menyimpang lainnya yang membahayakan kesehatan dan masa depan mereka.
Selain acara di lapangan upacara yang diikuti siswa, para wali murid kelas 10 juga diundang untuk hadir agar bias mengikuti rapat pertemuan untuk sambung rasa dengan pihak sekolah. Acara ini diadakan di Masjid An-Nur SMKN 1 Driyorejo dengan  membahas program – program  sekolah. Di awali dengan pembukaan yang dibuka oleh Bapak Hari Subagyo lalu disambung dengan sambutan dari Abah Yono (selaku Kepala SMKN 1 Driyorejo).

Pada hari kedua, adek-adek kelas 10 melakukan kegiatan adiwiyata sekolah yaitu menanam pohon atau tanaman guna menghijaukan lingkungan SMKN 1 Driyorejo agar tetap asri. Di hari ini juga, ada materi kembali tentang Budi Pekerti yang disampaikan oleh Pak Ali dan materi Mental tangguh dan potensi diri oleh Pak Riadus. Juga ada latihan koreografi skandry yang dipimpin OSIS setelah sholat dhuhur berjamaah.

Pada hari ketiga, MPLS kedatangan tamu khusus dari KORAMIL dan Polsek Driyorejo. Materi yang disampaikan oleh KORAMIL adalah tentang bela negara dan materi dari Polsek tentang tertib berlalu lintas. Kedua materi ini penting sekali, mengingat generasi muda sekarang sedang gawat dalam masalah lalu lintas dan bela negara. Diharapkan para peserta didik dapat menerapkan tertib lalu lintas dan berkendara agar tidak menyetir ugal-ugalan di jalan raya.

Puncak kegiatan MPLS ini terjadi hari kamis (18/07) yaitu adanya penampilan berbagai ekstrakurikuler yang ada di SMKN 1 Driyorejo. Mulai dari Banjari, Musik, Jurnalis, Pramuka, PMR, Paskibra, Silat, Futsal, Voli, kemudian ditutup oleh penampilan Super Badger Suporter kesayangan SMKN 1 Driyorejo dengan penuh semangat. Para anggota perwakilan ekstrakurikuler sangat bersemangat mempromosikan ekskulnya untuk menggaet anggota baru.

Acara promosi ekstrakurikuler berlangsung meriah dan seru. Apalagi waktu penampilan silat yang penuh horror dan humor sehingga membuat semua orang menganga mulutnya saking takjubnya. Begitu juga dengan penampilan Paskibra juga PMR bikin semua orang yang ada disana langsung spechless saking seru dan menakjubkannya.

Kegiatan MPLS berakhir pada hari jumat (19/07) dengan penampilan koreografi, outbond untuk membangun karakteristik siswa sebagai program penguatan karakter yakni Integritas, Spiritual, Mandiri, Gotong Royong Dan Nasionalisme. Dilanjutkan pemberian penghargaan untuk OSIS yang berjasa selama kegiatan ini. Semoga dengan adanya kegiatan MPLS ini, para kelas 10 bisa menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan membawa SMKN 1 Driyorejo menjadi lebih maju untuk ke depannya. (Ang)


Share:

Cari Artikel