Ujian Nasional Berbasis Kesabaran, Bikin Penasaran


Pelaksanaan Gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK di SMK Negeri 1 Driyorejo kemarin (17/02), mengalami kendala cukup serius bahkan berantakan. Koneksi jaringan dari klien ke komputer server tidak berjalan lancar, disebabkan aplikasi atau virtual mesin ngadat atau kollaps dengan server Puspendik. Sehingga pelaksanaan pada hari pertama sebagian besar peserta ujian gagal login untuk masuk ke menu ujian.

Kendala koneksi jaringan sepertinya sudah biasa terjadi saat gladi bersih, Namun, kali ini dalam satu ruangan hanya hitungan jari siswa yang berhasil masuk ke server UNBK. Hingga pukul 10.30 banyak siswa yang menunggui dan menonton temannya yang bisa masuk ke menu soal.

Pelaksanaan glady bersih cukup menguras energi lebih-lebih faktor psikologi, Nada satir baik dari guru maupun siswa dengan merubah kepanjangan UNBK  dari Ujian Nasional Berbasis Komputer menjadi Ujian Nasional Berbasis Kesabaran. Pergantian dari soal dan proses penyimpanan jawaban membutuhkan waktu yang cukup lama antara 5 – 10 menit bahkan banyak yang mengalami kegagalan.

“Kita harus bersabar tenang dan jangan terlalu tegang, karna Kendala teknis pelaksanaan Glady Bersih UNBK tidak hanya dialami oleh SMKN 1 Driyorejo, tetapi baik tingkat kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur bahkan secara nasional juga sama juga mengalami. Dan kendalanya hampir sama yakni peserta gagal login ke menu soal”. Terang Bapak Rafli Chrisnanto, S.Kom selaku proktor di SMK Negeri 1 Driyorejo.

Meski mengalami kendala pelaksanaan glady bersih hari pertama dapat berjalan tuntas. Mulai upload hasil siswa dan cetak laporan meskipun molor hingga pukul 17.30 WIB, yang seharusnya selesai pada pukul 15.30 WIB.

Di hari Kedua kendala teknis tetap berlanjut bahkan server di ruang 1 mengalami keterlambatan patching. Di menu soal bahkan menyimpang jauh dari jadwal yang dirilis oleh puspendik. Yang seharusnya mata pelajaran kejuruan menjadi mata pelajaran matematika.

Proses upload hasil jawaban juga mengalami kegagalan di lab 1, bahkan lab 4 dan lab 5 tidak bisa melaksanakan untuk sesi 3 karena di sesi kedua server ngadat dan kollaps sehingga gagal login. Dan akhirnya pelaksanaan sesi 3 di lab 4 dan 5 ditiadakan dan ditunda di hari kamis.



Share:

Cari Artikel