Kunjungan dan Sinergi Tim Humas dan Pokja SMKN 1 Driyorejo : merevitalisasi SMK guna meningkatkan kualitas dan daya saing SDM


Inpres No. 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Salah satunya membuka peluang sebesar-besarnya bagi sekolah untuk berafiliasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Hal ini diharapkan agar siswa memperoleh bekal berbagai informasi seluas-luasnya tentang DUDI serta meningkatkan kompetensi keahlian dan pengetahuan.

Dalam era globalisasi dan informasi sekarang ini, peranan siswa SMK sangat diperlukan. Hal ini disebabkan karena perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang begitu pesat sehingga setiap individu dituntut untuk secepatnya mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan, terlebih lagi dalam bidang Teknologi. SMK Negeri 1 Driyorejo adalah sekolah yang menyelenggarakan pendidikan di bidang Teknologi Industri dan Rekayasa yang meliputi Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Elektronika Industri, Teknik Pemesinan, Analisa Pengujian Laboratorium dan Multimedia.

Berkenaan dengan hal tersebut, Tim Humas dan Pokja SMKN 1 Driyorejo melakukan berbagai kunjungan dan silaturahim ke beberapa DUDI di wilayah Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Mojokerto. Dimana keempat kota tersebut adalah muara dari Kawasan Industri yang menjadi penopang utama perekonomian di Jawa Timur.

Pada bulan Agustus 2020 di tengah merebaknya covid 19 yang memaksa sekolah menyelenggarakan proses belajar secara Daring. Hal ini dimanfaatkan oleh Tim Humas dan Pokja SMKN 1 Driyorejo untuk berkunjung PT Wings Surya sebuah perusahaan penghasil produk-produk rumah tangga dan pemeliharaan kesehatan diri. Selain itu, beberapa perusahaan lainnya yang dikunjungi adalah PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, PT. Tirta Media, PT. Jadi Mas, CV PIREKI ASIA, CV. Surya Elektrik dan PT. SURA INDAH WOOD INDUSTRIE.

 

Tujuan dari kegiatan ini untuk menguatkan sinergi antara sekolah dengan DUDI dalam rangka  merevitalisasi SMK guna meningkatkan kualitas dan daya saing SDM Indonesia. Tidak hanya program magang atau prakerin siswa, tetapi juga penyelarasan pembelajaran teaching factory , dan rekrutmen lulusan, serta magang bagi guru. Terang Bapak Ardyanto Arief, selaku Waka Humas SMKN 1 Driyorejo.

Share:

Cari Artikel