Pesantren Ramadhan SMKN 1 Driyorejo 1443 H

 

Pondok Ramadhan 1443H hari pertama dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 6-8 April 2022 yang bertempat di Masjid SMK Negeri 1 Driyorejo. Pondok Ramadhan kelas XI dilaksanakan hari Rabu, sedangkan kelas X pada hari kamis dan kelas XII pada hari Jum’at. Seluruh siswa yang beragama Islam (muslim)  wajib mengikuti kegiatan Pondok Ramadhan. Kecuali jika sedang PKL atau prakerin dan sakit.

            Kegiatan Pondok Ramadhan ini dilaksanakan secara online dan offline sesuai jadwal yang telah ditentukan. Bagi yang mengikuti yang mengikuti kegiatan ini secara online dapat menonton secara live di youtube channel ‘SKANDRY channel’. Para siswa diwajibkan merangkum materi Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan selama 3 hari dan dikumpulkan ke guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

            Materi Pondok Pesantren kali ini yaitu tentang ‘Pendidikan Karakter’. Bapak Ali Usman, M.Pd. menjelaskan tentang akhlak yang baik dalam menghormati dan menghargai guru. Seperti yang kita ketahui, guru merupakan orang yang mendedikasikan hidupnya untuk mendidik dan mengajar para murid agar mendapatkan ilmu pengetahuan. Hendaklah kita berbicara sopan kepada guru dan hindari perkataan yang kasar dan keras. Bersikap sopan dan patuh pada guru sudah menjadi kewajiban para murid. Bersikap rendah hati pada guru bisa diwujudkan dengan kalimat yang sopan saat berbicara, tidak duduk ditempat yang lebih tinggi dari guru, dll.

            Kegiatan pertama yaitu melaksanakan sholat dhuha dipimpin oleh Bapak Drs. H. M. Basyir, M.M. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan materi tentang ‘Pendidikan Karakter’ dan tausiyah oleh Bapak Ali Usman, M.Pd. Tidak lupa dilanjutkan kegiatan tadarus dan sholat dhuhur. Para siswa juga dianjurkan untuk membayar zakat berupa beras  atau uang.







Share:

Cari Artikel