DIKLAT PASKIBRA SMKN 1 DRIYOREJO TAHUN 2022

 

Kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul merupakan kegiatan tambahan yang dilakukan diluar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah ataupun diluar sekolah dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Ekstrakurikuler memang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial dalam kesiapan karir sehingga peserta didik dapat melalui pengembangan kapasitas karir. Ekstrakurikuler memang menarik, salah satunya yaitu ada ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA).

PASKIBRA adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera. Saat ini PASKIBRA dikenal sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah yang memiliki tujuan untuk membina dan mendidik pelajar menjadi Pasukan Pengibar Bendera yang bertugas mengibarkan Bendera dari tingkat sekolah hingga tingkat Bendera Pusaka di Istana Negara.

SMKN 1 DRIYOREJO memiliki banyak ekstrakurikuler, salah satunya seperti ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA). Seperti yang diketahui, Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) SMKN 1 DRIYOREJO mengadakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Dasar Lanjut (DIKDASJUT) tahun ajaran 2021-2022 yang dilaksanakan di SMKN 1 DRIYOREJO.

Pada tanggal 12, 19, 26 Maret 2022 ektra Paskibra SMKN 1 Driyorejo atau yang biasa disebut dengan KORPSSKANDRY mengadakan Diklat Dasar serta Lanjut, mungkin jarang ada seperti ini karena biasanya dipisah. Diklat Dasar terlebih dulu lalu dilanjut dengan Diklat Lanjut, berhubung dengan adanya pandemi maka akan diminimalisir kegiatan ini.

 


Diklat ini dilaksanakan di area sekolah, dilaksanakan 3 akhir pekan berturut-turut mulai dari tanggal 12, 19, 26 setiap hari Sabtu, mulai pagi sampai kurang lebih setelah dhuhur. Peserta diklat ini adalah kelas 10 yang mengikuti ekstrakurikuler paskibra SMK NEGERI 1 Driyorejo, dengan didampingi  Pak Chusnul selaku Waka Bidang Kesiswaan 

 

Dilakukannya kegiatan ini karena didalam paskibra dididik untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan memiliki jiwa kepemimpinan, dengan adanya kegiatan diklat ini menjadikan pribadi yang bertanggung jawab, disiplin dan lain-lain. Contohnya untuk datang tepat waktu seperti yg sudah ditentukan panitia, membawa barang barang yang sudah ditentukan oleh panitia, dan mentaati peraturan yang sudah dibuat oleh panitia . 

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Dasar Lanjut (DIKDASJUT) tahun ajaran 2021-2022 ini mempunyai dua agenda yaitu kegiatan Pradiklat dan kegiatan Diklat. Kegiatan Pradiklat dilaksanakan pada Kamis, 17 Maret 2022 dan kegiatan Diklat dilaksanakan pada Sabtu, 19 Maret 2022. Kegiatan Pradiklat dan Diklat hari kedua ini dirancang oleh ketua pelaksana serta bidang kehumasan sebagai salah satu bentuk rangkaian kegiatan sekolah dengan tujuan yang berkaitan dengan mengedepankan kedisiplinan, pengujian materi, penguatan fisik maupun penguatan mental. 

Pelatihan kegiatan Pradiklat dan Diklat tahun ajaran 2021-2022 ini dimulai pada pukul 06.45 WIB. Pada awal kegiatan Pradiklat dan Diklat hari kedua, para anggota memulai kegiatan dengan mengisi daftar hadir terlebih dahulu setelah itu melaksanakan apel pembukaan. Kegiatan Pradiklat dan Diklat hari kedua, para anggota dibekali oleh pembina materi dari awal hingga akhir. Pada kegiatan Pradiklat dan Diklat hari kedua para anggota juga melaksanakan kegiatan seperti sesi pertanyaan, sesi permainan, praktik upacara, dan yang terakhir kegiatan ISOMA atau juga bisa disebut sebagai kegiatan yang diisi dengan beristirahat, salat atau beribadah serta menyantap makanan bersama.

Dengan adanya kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Dasar Lanjut (DIKDASJUT) ekstrakurikuler  Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) tahun ajaran 2021-2022, diharapkan para anggota menjadi lebih disiplin, bukan hanya secara fisik namun juga secara mental. Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Dasar Lanjut (DIKDASJUT) tahun ajaran 2021-2022 ini juga tidak mengandung unsur yang menyinggung apapun. Selain itu, pembuatan artikel ini juga dibuat sesuai fakta dengan narasumber yang terpercaya.


Share:

Cari Artikel