Kegiatan Edu-Psychological Test SMK Negeri 1 Driyorejo

 Driyorejo – SMK Negeri 1 Driyorejo bekerjasama dengan Kusuma Edu-Psychological Test menggelar Psikotest pada hari Jum’at – Sabtu Tanggal 16 s/d 17 September 2022. Kegiatan tersebut merupakan tahapan untuk menggali potensi keunggulan dan minat bakat peserta didik yang berada di kelas 12 dan kelas 10.



Dikatakan, pihak sekolah sudah beberapa kali bekerjasama dengan Lembaga Test Psikologi baik yang berlokasi di wilayah Surabaya, Sidoarjo maupun Gresik. Hal ini sebagai Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. “Bimbingan dan konseling sebagai salah satu komponen pendidikan, yang bertujuan untuk memberikan suatu advice kepada individu/siswa dalam rangka mengembangkan kepribadian dan potensi-potensi yang dimiliki”. Terang Bapak Kurniawan selaku Guru BK SMK Negeri 1 Driyorejo.

Bapak Kurniawan menjelaskan bahwa Asesmen psikologis merupakan suatu teknik untuk mengidentifikasi karakteristik dan potensi atau kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik, karakteristik yang dimaksud adalah karateristik siswa yang menjadi sasaran layanan sekolah. “Pemahanan terhadap karakteristik dan potensi siswa merupakan dasar dalam mempertimbangkan kesesuaian antara input dengan tuntutan karakteristik out put yang diharapkan, layanan pembelajaran dan bimbingan konseling bagi siswa yang sesuai dengan kebutuhannya”. Ungkap beliau.



Selain itu Bapak Kurniawan menyampaikan bahwa Layanan bimbingan dan konseling merupakan layananan  yang sangat memperhatikan keunikan potensi setiap peserta didik. Program bimbingan dan konseling yang dikembangkan sejatinya harus memperhatikan setiap dimensi perkembangan, sehingga layanan yang diluncurkan menjadi sesuai dengan kebutuhan. Asesmen kebutuhan psikologis harus dilakukan melalui prosedur dan tahapan yang terstandar,  sehingga memiliki tingkat validitas  yang tinggi dan dapat dipertanggung jawabkan.



“Kegiatan Tes Psikologi yang bertujuan pertama ; untuk mengungkap dan mengidentifikasi bakat, minat dan potensi yang dimiliki siswa khususnya kelas X dan XII, Kedua ; sebagai dasar dalam seleksi, penempatan, dan pengembangan program layanan bimbingan dan konseling, layanan pembelajaran yang tepat.  Ketiga ; mengetahui kecenderungan arah karier setelah lulus sekolah di SMKN 1 Driyorejo”. Ujar Bapak Kurniawan.

Adapun Tujuan Khusus dari Kegiatan Psikotes pada tahun ini adalah :

a.       Mengungkap kapasitas belajar secara umum, data ini dapat menjadi bahan prediksi peserta didik dalam menempuh pembelajaran pada jenjang tertentu.

b.      Mengungkap bakat khusus, informasi yang dapat diperoleh adalah karakteristik pesrta didik yang dapat dikembangkan pada bidang Sains, Sosial atau Bahasa.

c.       Mengungkap kecenderungan kepribadian peserta didik yang dapat menjadi salah satu aspek dalam memprediksi kecenderungan kepribadian dalam situasi tertentu.

d.      Minat pekerjaan untuk memudahkan siswa menelusuri kecenderungan bidang pekerjaan.





Share:

Cari Artikel