Kegiatan Penguatan Mindset Wirausaha

 

Penerapan karakteristik wirausaha pada Siswa di sekolah, dapat dilakukan dengan menekankan pola pembelajaran kewirausahaan yang mengarahkan kepada empat prinsip penting yaitu: (1) Learning to know, Siswa belajar untuk mengetahui atau memahami kewirausahaan. Prinsip ini dikondisikan agar Siswa aktif mencari tahu dan menciptakan rasa ingin tahu yang besar tentang  kewirausahaan; (2) Learning to do, Siswa belajar untuk melakukan wirausaha; (3) Learning to be, Siswa belajar mempraktekkan kegiatan wirausaha. Kegiatan praktik berwirausaha di sekolah dimaksudkan agar Siswa mempunyai pengalaman awal dalam berwirausaha; dan (4) Learning to live together, Siswa belajar untuk bersama dengan yang lain dalam interaksi sosial dalam berwirausaha. Pembelajaran kewirausahaan di sekolah perlu diintegrasikan dengan sikap dan perilaku seperti tanggung jawab, kerja keras, disiplin, semangat belajar, dan lain-lain.

Jika sikap-sikap tersebut dapat diterapkan dengan baik dan konsisten, serta dapat terwujud dalam kehidupan keseharian di sekolah, maka secara bertahap akan tumbuh menjadi kebiasaan Siswa dalam kehidupan sehari-hari dalam menunjang keberhasilan dalam membentuk karakteristik wirausaha. Jadi, untuk melahirkan Siswa yang bermental wirausaha, maka perlu adanya pembiasaan penerapan wirausaha di sekolah yang dapat ditempuh melalui kegiatan belajar mengajar, penerapan karakteristik kewirausahaan di sekolah dan praktik berwirausaha.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan Penguatan Mindset Wirausaha ini adalah :

1.     Merangsang kreativitas dan antusiasme untuk menentukan masa depan mereka (bisnis)

2.     Menumbuhkan budaya kewirausahaan. Mempersiapkan siswa untuk menjadi profesional.

3. Menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, kreatif sebagai bekal dalam berwirausaha.

4.     Mengembangkan potensi dari dalam diri siswa.

    Peserta kegiatan pelatihan ini adalah bagi guru produktif dan siswa SMKN 1 Driyorejo dengan kapasitas 100 peserta yang terdiri dari 25 orang guru ,75 siswa dan tim pemateri 1 orang. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Senin, 3 Januari  2022  bertempat  di Aula SMKN 1 Driyorejo.








Share:

Cari Artikel