Workshop Bersama Komite Sekolah dalam Pengembangan Kerja Sama dengan Dunia Kerja SMK Negeri 1 Driyorejo

Pendidikan adalah fondasi utama dalam membentuk masa depan generasi muda. Kualitas pendidikan yang diterima oleh siswa tidak hanya bergantung pada guru dan kurikulum saja, tetapi juga pada kerjasama yang kuat antara sekolah, orang tua dan dunia kerja.

 

Komite sekolah berperan penting dalam memastikan bahwa pendidikan yang diberikan oleh sekolah adalah yang terbaik untuk siswa. Komite juga dapat membantu menjembatani kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia kerja.

 

K


Saat ini dunia kerja terus berubah dan berkembang. Kemajuan teknologi, perubahan dalam tuntutan pekerjaan, dan kebutuhan akan keterampilan yang berbeda semakin mempersulit persiapan siswa untuk memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, kerjasama antara sekolah dan dunia kerja sangat penting. Dalam hal ini komite sekolah memiliki peran strategis dalam mengidentifikasi kesenjangan dan mencari cara untuk mempersiapkan siswa lebih baik.

 

Sejalan dengan hal tersebut, pada hari Rabu tanggal 18 Oktober 2023 diadakan Workshop Bersama Komite Sekolah dalam Pengembangan Kerjasama dengan Dunia Kerja. Pada workshop kali ini sekolah menghadirkan tiga narasumber yaitu perwakilan dari komite sekolah Bapak Supardi, perwakilan dari industri yaitu Direktur PT. Tjakrindo Mas Gresik.

 

Workshop tersebut dibuka secara langsung oleh Bapak Drs Suyono, MM selaku. Kepala SMK Negeri 1 Driyorejo dan dihadiri oleh perwakilan guru dari masing-masing jurusan.

 

Workshop ini bertujuan untuk membentuk sinergi dan kolaborasi yang efektif antara sekolah, komite, dan Dunia Usaha Dunia Industri. Dalam sambutannya, Ketua Komite SMK Negeri 1 Driyorejo bapak Supardi memohon kerja sama yang baik antara Dunia Usaha dengan sekolah. Mengingat siswa masih dalam usia remaja, tentu memerlukan bimbingan yang lebih intensif.

 

Inti workshop ini adalah diskusi dan sharing terkait pengembangan kerja sama dengan dunia kerja. Diskusi dilaksanakan dengan cara berkelompok sesuai jurusan dan mitra DUDI terkait.

 

Bapak ibu perwakilan DUDI dan bapak ibu guru tampak antusias membahas program-program berkelanjutan guna meningkatkan keterampilan peserta didik sesuai program keahlian. Diskusi berlangsung dengan kondusif. Nuansa bahagia dan menyenangkan juga tergambar jelas dalam acara workshop ini.





P

Share:

Cari Artikel