Trainning Soft Skills SMKN 1 Driyorejo


Trainning Soft Skills SMKN 1 Driyorejo



Diketahui bersama Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Harvard University, Amerika Serikat, diperoleh data hasil riset bahwa ternyata kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (Hard Skills) saja. Tetapi Lebih dipengaruhi oleh kemampuan mengelola (manajemen) diri dan orang lain (Soft skills), yang lebih berhubungan dengan faktor Kecerdasan Emosional (EQ). Peneliti ini mengungkapkan bahwa kesuksesan seseorang ditentukan oleh Soft Skills (sekitar 80%), sementara aspek Hard Skills hanya menyumbang sekitar 20% saja. (lihat: Daniel Goleman, "Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi", Gramedia Pustaka Utama, 2003).


Berdasarkan hal diatas, Pokja BKK (Bursa Kerja Khusus) SMKN 1 Driyorejo menyelenggarakan Training Softskill dalam rangka membekali siswa dan siswi untuk mempersiapkan diri dalam persaingan global di era digital revolusi industri 4.0. 



Diikuti 150 siswa kelas 12 dari semua jurusan, Acara ini yang digelar pada tanggal 16 Desember 2019 memberikan kesan yang luar biasa dan memotivasi semangat anak – anak untuk meningkatkan kompetensi baik berupa hardskill (ketrampilan, teknik dan metodelogi) dan softskill (attitude, komunikasi, Psikologi).


Pada Kegiatan ini BKK SMKN 1 Driyorejo menggandeng 2 perusahaan yakni Panjimas Textile dan STIKES Anwar Medika sebagai narasumber. Menurut Bapak Drs. Hari Subagyo, M.M selaku Wakasek Bidang Kehumasan dilibatkannya 2 lembaga DUDI ini, sebagai tindak lanjut dan merekatkan hubungan SMKN 1 Driyorejo dengan DUDI, sebagaimana program Pemerintah terkait Link and Match Sekolah berbasis kejuruan wajib menjalin hubungan DUDI. Seperti Vokasi dan Teaching Factory.





Adapun Harapan atau outcome dari pelaksanaan kegiatan ini adalah siswa – siswi bisa menggali dan memahami secara mendalam aktivitas rutin di instansi DUDI. Sebagaimana materi yang disampaikan oleh narasumber meliputi 1) Potensi diri dan minat kerja, 2) cara menyusun surat lamaran kerja, 3) teknik interview, 4) komitmen / kesepakatan kerja, 5) Persiapan Test (Psikotes, pengetahuan dan Ketrampilan)

Acara diakhiri pada pukul 12.10 WIB, padahal seyogyanya berakhir pada pukul 11.00 disebabkan antusias dan respon peserta pada sesi tanya jawab dan diskusi interaktif. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan Training SoftSkill ini sangat dibutuhkan untuk menambah wawasan siswa dalam mempersiapkan diri dalam persaingan global lebih – lebih bagi yang ingin meniti karir di Instansi DUDI.

Share:

Cari Artikel