KUNJUNGAN KERJA BAPAK Dr. Ir. WAHID WAHYUDI, M.T (KADISDIK PROV JATIM) DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO

 



Kamis (28/01/2021). Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Gresik Ibu Dra. Puji Hastuti, M.Si. bersama Kasi SMK ibu Rita Riana, S.H., M.Si berkunjung ke SMK Negeri 1 Driyorejo. Kunjungan Kadisdik Provinsi Jawa Timur ini dalam rangka kunjungan kerja sekaligu peninjauan produk-produk hasil karya siswa – siswi SMK Negeri 1 Driyorejo.


Seiring berjalannya waktu SMK Negeri 1 Driyorejo terus berkembang. Salah satunya sudah membuat dan memasarkan produk ke dunia usaha, dan kedepan diharapkan menjadi lembaga sekolah yang mandiri atau menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Yaitu SMK Negeri 1 Driyorejo diharapkan bisa melayani pesanan produk atau jasa langsung ke publik. Tutur Bapak Drs. Suyono, M.M selaku Kepala Sekolah.

Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T hadir di SMK Negeri 1 Driyorejo pukul 13.30 Wib. Karna cuaca yang kurang mendukung, acara penyambutan yang seyogyanya dilakukan secara seremonial dengan penampilan dan koreografi dari ekstra Paskibraka akhirnya batal.

Dalam sesi wawancara antara Kepala Sekolah dan Kepala Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang berkolaborasi dengan Stasiun Televisi JTV. Bapak Drs. Suyono, M.M menerangkan dua hal tantangan yang dihadapi sekolah yakni Pertama, SMK bisa memproduksi barang atau jasa tetapi sulit untuk dipasarkan. Kedua; memproduksi barang mudah dipasarkan tetapi harga kurang bisa bersaing dengan produk yang sejenis yang sudah dipasarkan dan diproduk secara masal.

Ketika mendapatkan kesempatan menanggapi kendala tersebut, Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T mengarahkan agar SMK Negeri 1 Driyorejo memilih dan menerima sub produksi dari industry untuk membantu memproduksi tetapi perusahaan yang memasarkan. “ Dengan demikian siswa diharapkan tetap memiliki kompetensi yang andal dalam memproduksi barang tanpa memikirkan untuk memasarkan tetapi tetap mendapat keuntungan secara materi bagi SMK” Terang Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T.

Beliau melanjutkan bahwa Program Teching Factory nantinya bisa memberikan keuntungan bagi Sekolah yakni akan memperoleh pendapatan yang bisa digunakan untuk pengembangan sekolah sebagai terobosan terobosan untuk meningkatkan kompetensi keahlian bagi siswa. Melalui program tersebut siswa mampu memproduksi barang atau jasa dengan standar perusahaan, Bahkan tidak diketahui jika produk itu ternyata hasil dari siswa. Pungkas Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T.

Ibu Dra. Puji Hastuti, M.Si selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Gresik saat diwawancarai menyampaikan bahwa SMK Negeri 1 Driyorejo sudah siap untuk melaksanakan program Badan Layanan Masyarakat Umum Daerah (BLUD) untuk meningkatkan hasil produksi guru dan siswa . Karena menurutnya, produk yang dihasilkan sudah layak untuk dipasarkan di luar. Ia, juga mengatakan bahwa dari tahun ke tahun SMK Negeri 1 Driyorejo mengalami berkembangan yang besar, cepat dan pesat.

Setelah acara dialog dan diskusi dilanjutkan dengan kunjungan ke masing-masing bengkel tiap-tiap jurusan. Bengkel Listrik mendapatkan kunjungan pertama, dilanjutkan ke bengkel Eletronika, Bengkel Pemesinan, Laboratorium APL. Lalu dilanjutkan kunjungan ke Stand pameran hasil kreasi dan karya dari jurusan Multimedia, Eletronika, APL, dan Pemesinan serta Skandry Water.

Sebelum mengakhiri kunjungan kerja di SMK Negeri 1 Driyorejo, Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T. beserta rombongan berkenan mencicipi hidangan yang telah disediakan dalam acara ramah tamah. Tepat pukul 15.00 WIB. Beliau pamit undur diri dan kembali melanjutkan perjalanan ke surabaya diiringi rombongan.

Share:

Cari Artikel