Pembekalan PRAKERIN Semester Genap SMK Negeri 1 Driyorejo TP. 2020 /2021

 

Pembekalan PRAKERIN Semester Genap SMK Negeri 1 Driyorejo TP. 2020 /2021


Prakerin adalah suatu kegiatan pendidikan pelatihan dan pembelajaran yang dilakukan di dunia Usaha atau dunia Industri dalam upaya pendekatan atau untuk meningkatkan mutu para siswa-siswi Sekolah Menengah kejuruan (SMK). Prakerin merupakan singkatan dari Praktek Kerja Industri. Kegiatan Prakerin ini diharapkan siswa dapat menambah bekal untuk masa yang akan mendatang dalam memasuki dunia kerja yang semakin banyak persaingan seperti sekarang ini.


Tujuan Utama Prakerin adalah meningkatkan kompetensi siswa dalam melatih kemampuan dalam dunia kerja. Selain itu, tujuan lainnya adalah wadah untuk meningkatkan kualitas siswa SMK menurut jurusan masing-masing.

Adapun dasar pelaksanaan prakerin SMK diantaranya adalah :

  1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. PP No. 19 Tahun 2005 yang terakhir diubah dengan PP No. 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. PP RI No. 17 Tahun 2010 yang telah diubah dengan PP RI No. 66 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  4. PP RI No. 41 Tahun 2015 tentang Pembangunan Sumber Daya Industri.
  5. Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  6. Inpres No. 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia.
  7. Permen Perindustrian No. 03/M-IND/PER/1/2017 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri.
  8. Permen Tenaga Kerja No. 36 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pemangangan di Dalam Negeri.
  9. Permen Pendidikan dan Kebudayaan No…. tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Menengah Kejuruan.
  10. Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud No. 4678/D/KEP/MK/2016 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.
  11. Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud No. 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan.


Pada tahun 2021 Prakerin tetap diikuti seluruh kelas XI dari kompetensi keahlain Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Elektronika Industri, Teknik Pemesinan, Analisa Pengujian Laboratorium dan Multimedia. Meskipun dalam proses pelaksanaan harus menyesuaikan aturan dan mekanisme sesuai protokol kesehatan di saat pandemi Covid 19.

Untuk mempersiapkan para siswa memasuki praktek kerja industri SMK Negeri 1 Driyorejo mengadakan kegiatan SOSIALISASI & PELEPASAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN pada hari senin, 08 Maret 2021. Bapak Ardyanto Arief, S.Pd membuka kegiatan ini dan memberikan bekal mengenai informasi dunia usaha dan industri, waktu pelaksanaan dan aturan-aturan mengenai pelaksanaaan prakerin tahun 2021.

 

Hadir pula, Bapak Sutejo, S.Pd., M.Pd selaku Wakasek Kesiswaan dan Bapak Agus Harianto, S.Pd., MM selaku Wakasek Kurikulum sebagai narasumber. Serta Bapak Supardi HRD PT. Sura Indah Wood Industries sebagai Narasumber dari  IDUKA. Kegiatan pembekalan ini diikuti seluruh peserta Prakerin, Walikelas dan pembimbing siswa.

 


Bapak Hari Subagyo, S.Pd., M.Pd selaku Ketua BKK SMK Negeri 1 Driyorejo dalam sambutanya berharap seluruh siswa siap dalam melaksanakan kegiatan ini dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya, karena para siswa akan memasuki layaknya dunia kerja yang penuh dengan tekanan dan target industri. “Jagalah nama baik dan reputasi diri anda dan sekolah serta selalu berkoordinasi dengan sekolah mengenai proses dan progres dalam prakerin. Terang  Bapak Hari Subagyo. Selanjutnya Pembekalan dilanjutkan dengan penjelasan secara teknis dari Tim Pokja BKK diantaranya Bapak Rinaldo, S.Pd, Bapak Kurniawan, S.Pd.










Share:

Cari Artikel