PELAKSANAAN UKK DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO TAHUN PELAJARAN 2020 - 2021

 

Alhamdulillah pelaksanaan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) Kelas XII secara luring di Sekolah SMK Negeri 1 Driyorejo yang dilaksanakan mulai tanggal 29 Maret s/d 10 April 2021 berjalan dengan lancar. Kegiatan Ujian Kompetensi Kejuruan ini tidak ada kendala baik dari segi sarana prasarana dan juga kendala dari siswa.

 

Mengingat penting dalam menilai Kompetensi Keahlian yang dimiliki oleh siswa maka kegiatan Uji Kompetensi Keahlian ini dilaksanakan secara luring atau tatap muka. Peserta diwajibkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, mulai dari alat pengukur suhu, masker, face shield, hand saniteser dan lainnya.

 


“UKK ini dilaksanakan pada terhadap kelas XII sebagai bahan evaluasi terhadap kemampuan kompetensi keahlian siswa, agar memiliki bekal dalam menghadapi kesiapan di dunia kerja. Antusiasme siswa-siswi SMK Negeri 1 Driyorejo ini menjadi sebuah nilai bahwa pada masa pandemi COVID-19 ini tidak menjadikan dilema tersendiri. Kewajiban sebagai seorang pelajar ditaati dengan penuh tanggung jawab karena hal ini juga bagian dari sebuah semangat dalam menggapai sebuah prestasi”. Terang Bapak Agus Hariyanto, S.Pd., M.M selaku Ketua Pelaksana.

 Beliau menyampaikan bahwa Penilaian portofolio harus diupayakan di seluruh jenis kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Driyorejo. Sebanyak 18 perusahaan yang telah bekerjasama dilibatkan menjadi penguji eksternal. “Karena secara aturan siswa SMK minimal harus memiliki 7 unit kompetensi yang sertifikatnya setara dengan skema kualifikasi, okupasi, klaster besar atau kombinasi. Adapun teknis pelaksanaannya diserahkan kepada satuan pendidikan.” Ujar Bapak Agus Hariyanto, S.Pd., M.M

 Adapaun daftar nama perusahaan yang dilibatkan dalam pelaksanaan UKK di SMK Negeri 1 Driyorejo sebagai berikut:

No

Kompetensi Keahlian

Nama Industri

 

1

Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)

Midtown Residence

 

The Linden Tower Apartment

Grand Dafam Signature

Verwood Hotel and Serviced Residence

CV. Surya Electrical

2

Teknik Elektronika Industri (TEI)

PT. SIWI (SURA INDA WOOD INDUSTRIES)

CV.MAXTRON PERSADA INDONESIA

PT. TEMPRINA

PT. WINGS SURYA

CV.PLCD Edukasi Nusantara

3

Multimedia (MM)

PT. TIRTA MEDIA

PT. Dakwah Inti Media (TV 9)

PT. Bisnis Surabaya Pos

LSM ECOTON

4

Teknik Pemesinan (TPM)

CV. KEND TEKNIK

CV. FIAN JAYA TEKNIK

PT. TJAKRINDO MAS

PT. SUMBER KARYA ABADI

5

Analisis Pengujian Laboratorium (APL)

PT. Jadi Mas

PT. Waterpedia

LSM ECOTON

Semoga apa yang telah dilaksanakan siswa-siswi, mendapatkan nilai-nilai terbaik sesuai apa yang diharapkan. Serta apa yang mereka dicita-citakan dapat tercapai dengan kerja keras yang mereka lakukan.














Share:

Cari Artikel