SEMINAR KARIER DAN OPEN RECRUITMENT DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO

 


Senin, 12 April 2021 bertempat di Aula Gedung SMK Negeri 1 Driyorejo Lantai 3 telah berlangsung Open Seminar dan Recruitment oleh PT. Micro Madani Institute. Acara ini di hadiri oleh Bapak Agus Hariyanto, S.Pd M.M selaku Waka Kurikulum, Bapak Jujuk Eko Sriyono, S.Pd., M.Pd selaku Waka Sarana dan Prasarana, dan Bapak Ardyanto Arief selaku Waka Humas dan Ketua Pelaksana Kegiatan.

 

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari tindak lanjut kerjasama antara SMK Negeri 1 Driyorejo dan  PT. Micro Madani Institute sebagaimana instruksi yang tertuang dalam Permendikbud No. 9 Tahun 2020.

 

Acara Open Seminar dan Recruitment ini di mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB, dengan menghadirkan bapak Yulkisa Rahmad Akbar dari PT. Micro Madani Institute sebagai narasumber. Seminar tersebut membahas terkait kesiapan masyarakat Indonesia terhadap Globalisasi yang harus didampingi dengan inovasi-inovasi agar pelajar di Indonesia semakin kompetitif di era global.

Pada Umumnya orang tua dan siswa SMK berharap kalau lulus bisa langsung bekerja. Namun kenyataannya tidak selalu demikian. Usia biologis, mental psikologis  beberapa alumni belum siap meskipun ilmu pengetahuan, pembiasaan dan skill/ keterampilan yang telah diberikan sekolah sudah memadai. Dari hasil survei guru BK SMKN 31 Jakarta ditemukan bahwa pada tahap psikotes dan wawancara mereka sering gagal. Kegagalan ini terjadi karena mereka kurang pengalaman dan kurang matangnya mereka menghadapi sesuatu yang baru meskipun secara akademis kemampuan mereka selama di sekolah relatif sudah bagus. 

Mencermati kenyataan seperti itu Kepala Sekolah SMKN 1 Driyorejo Gresik, Drs. Suyono, MM menginginkan lulusan peserta didiknya tidak mengalami kesulitan serupa. Beliau sangat ingin alumni sekolah yang dikomandaninya bisa diterima dengan mulus  di dunia kerja di manapun. Karena itu beliau lewat Tim Humas dan BKK-nya berupaya bekerja sama dengan beberapa perusahaan terkait termasuk kali ini dengan PT MMI (Micro Madani Institute) sebuah perusahaan Afiliasi dari PT PNM (Persero) yang bergerak dalam bidang Pelatihan, Sertifikasi, Rekrutmen dan Pengelolaan SDM. Kegiatan Seminar dan Open Recruitment ini dilaksanakan   pada tanggal 12 April 2021 di  Lantai 3, Aula SMKN 1 Driyorejo Gresik.

Tujuan Seminar Karier dan Open Recruitment tersebut antara lain adalah agar alumni SMKN terkenal yanng keren di Bumi Santri Gresik Selatan itu mendapatkan bekal informasi penting  seputar pra-kerja baik teori maupun praktik. Selain itu diharapkan agar mereka menyadari  betapa pentingnya persiapan maksimal untuk masuk dunia kerja baik yang bersifat teknis administratif  (offline dan online) seperti surat lamaran, daftar riwayat hidup, lampiran penunjang, sikap saat wawancara, psikotes maupun persiapan nonteknis lainnya. Adapun narasumber kegiatan Seminar Karier dan Open Recruitment saat itu adalah Bapak Yulkisa Rahmad Akbar, S.Psi. selaku HRBP Offiicer PT MMI (Micro Madani Institute ).

Respon peserta pada kegiataan itu sangat antusias. Buktinya? Saat pendaftaran, begitu dibuatkan linknya beberapa jam saja kuota 80 peserta sudah terpenuhi. Jumlah itu disesuaikan dengan kapasitas aula yang ada tetap dengan prokes 3 M. Beberapa menit setelah ditutup banyak anak yang masih ingin ikut. Akhirnya mereka tetap ditampung dan dibuatkan link zoom untuk mengikutinya secara virtual. Saat pelaksanaan meskipun undangan tertera pukul 09.00 mereka sudah mulai berdatangan sejak pukl 07.30. Selama kegiatan berlangsung mereka juga tenang serius dan fokus pada pemateri dan tayangan audio visualnya. Bahkan saat diberi kesempatan bertanya, beberapa langsung menyambutnya dengan berbagai pertanyaan yang tajam menghujam seputar pekerjaan dan gajiannya. Hampir empat jam mereka larut dalam  persiapan  npembekalan kerja itu. Alhamdulillah. Luar biasa.

“Seminar ini sudah menjadi agenda tahunan di SMKN 1 Driyorejo” sambung Kepala Sekolah SMKN 1 Driyorejo, Drs. Suyono, MM. Kegiatan ini memang khusus bagi peserta didik kelas XII yang akan lulus dan memasuki dunia kerja. Obsesi Sang Kepala Sekolah yang kaya pengalaman di SMA ini adalah ingin menunjukkan bahwa meski berlokasi di pinggiran kota, SMKN 1 Driyorejo tak mau kalah dengan SMK di kota/ kabupaten. Justru posisinya yang strategis sebagai pintu gerbang Gresik Selatan sekolah dengan akronim “Skandry” ini ingin menunjukkan kepada dunia, “Anda layakdi sekolah ini dan harus bangga bisa masuk sekolah yang sudah berusia satu dasawarsa ini!” 

Dengan adanya kegiatan Seminar Karier dan Open Recrutment ini beliau berharap semoga ilmunya sangat bermanfaat dan alumni Skandry lebih siap menghadapi psikotes, wawancara dan tentu saja saat masuk dunia kerja nyata di berbagai perusahaan maupun dalam kehidupan sejati, alam fana yang sangat dinamis dan misterius ini. Aamiin!

SMK Bisa! SMK Hebat! SMKN Driyorejo Bisa Hebat!







Share:

Cari Artikel