Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMK Negeri 1 Driyorejo TP. 2021 -2022

Alhamdulillah, Pelaksanaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara daring di SMK Negeri 1 Gresik berjalan lancar. Diselenggarakan mulai tanggal 12 – 14 Juli 2021 secara online dan disiarkan langsung melalui channel youtube SKANDRY CHANNEL.

Mengingat masih berada di masa Pandemi Covid-19, maka kegiatan MPLS Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat dilakukan secara daring (online) untuk mencegah penyebaran Covid-19, khususnya pada satuan Pendidikan.

“Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah bagi Kelas X (sepuluh). Terang Bapak Drs. Suyono, MM selaku Kepala SMK Negeri 1 Driyorejo.

Kegiatan ini bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang nyaman bagi peserta didik baru. Hal ini sejalan dengan amanat Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru bahwa penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) wajib dilakukan secara edukatif, kreatif, dan juga menyenangkan.

Dipandu oleh anak – anak yang tergabung dalam keanggotaan OSIS SMK Negeri 1 Driyorejo lalu dilanjutkan sambutan Kepala Sekolah sekaligus secara resmi membuka kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Selain Sambutan dari Kepala Sekolah, di hari pertama Peserta Didik Baru dijelaskan tentang profile dan budaya di SMK Negeri 1 Driyorejo seperti kedisiplinan, ketertiban serta etika dan tata krama siswa di lingkungan sekolah.

Pemaparan tentang Kurikulum SMK yang disampaikan oleh Bapak Agus Hariyanto, S.Pd., M.M selaku wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum menjadi materi pada pelaksanaan PLS di hari kedua. Dan dilanjutkan pemaparan tentang dunia usaha / dunia industry dan kewirausahaan yang disampaikan oleh Bapak Ardiyanto Arief, S.Pd Selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kehumasan.

Pada hari ketiga anak – anak peserta PLS disuguhkan talkshow secara live tentang proses kegiatan penumbuhan dan pembiasaan karakter yang menjadi program utama di SMK Negeri 1 Driyorejo dan talkshow tentang keunggulan masing-masing kompetensi keahlian yang dikembangkan.

Sebanyak 396 perserta didik baru mengikuti Pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) selain bisa disimak di Channel Youtube anak juga diwajibkan gabung di room zoom meeting. Kegiatan ini untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.















Share:

Cari Artikel