Kegiatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H Tahun 2023

Kegiatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. ini dilaksanakan pada hari Senin ,  20 Februari 2023 di SMK Negeri 1 Driyorejo.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa, dewan guru dan staf tata usaha.

Acara Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di sambut dengan baik oleh seluruh warga sekolah dan diisi dengan berbagai macam kegiatan yaitu  Sholawat dari ekstra Banjari, Istigosah dan doa bersama, serta ceramah keagamaan yang di sampaikan oleh Ustad Purnomo.

Kegiatan ini merupakan suatu agenda acara Hari Besar Islam yang selalu diperingati oleh guru-guru dan siswa/siswi SMK Negeri 1 Driyorejo. Dan juga di lakukan agar dapat memotivasi siswa agar dapat selalu mendalami pelajaran agama Islam dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Drs. Suyono., M.M Selaku Kepala SMK Negeri 1 Driyorejo.  

"Isra’ Mi’raj sebagai momentum memperbaiki kualitas ibadah shalat, Shalat merupakan salah satu ibadah yang paling utama dalam hubungan antara manusia dengan Allah SWT. Seperti tema yang diambil yakni Shalat interprestasi Muslim Taat, membentuk Generasi Hebat". ujar Drs. Suyono., M.M

Setelah sambutan dari kepala sekolah, dilanjutkan dengan acara tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Purnomo. “Pendidikan sangat penting untuk masa depan, terutama pendidikan agama. Karena pada dasarnya pendidikan agamalah yang membentuk karakter seseorang.” Ujar Ustad Purnomo.

Kemudian Ustads Purnomo memaparkan bahwa Shalat merupakan ibadah yang pertama kali diperiksa oleh Allah SWT. "Baik ibadah shalat kita maka baik pula ibadah yang lain sehingga ibadah Shalat menjadi tolok ukur bagi kita sebagai hamba-Nya". Terang Ustad Purnomo.

Melanjutkan tausiyahnya ustads Purnomo menerangkan jika Shalat memiliki kedudukan yang sangat penting dan mendasar dalam Islam, yang tidak bisa disejajarkan dengan ibadah-ibadah yang lain. Dalam mengajarkan karakter khusuk (fokus), sabar, ikhlas, rendah hati dan yang paling utama pengorbanan serta kedisiplinan.

"Kita sebagai umat Islam berkewajiban untuk mengerjakan shalat lima waktu dalam sehari semalam. Kewajiban ini disampaikan secara langsung tanpa perantara malaikat jibril  oleh Allah kepada Baginda Rasulullah Muhammad Saw pada peristiwa besar Isra mi'raj. Tandas  Ustadz Purnomo.

Di akhir tausiyahnya, ustads Purnomo mengajak peserta yang hadir untuk merenungkan amal perbuatan Kita selama ini. "Mungkin saat ini kita dalam mengerjakan shalat masih belum khusyuk, tergesa – gesa. Bahkan banyak dari kita yang terbiasa menunda – nunda waktu shalat. Banyak juga dari kita yang mengesampingkan keutamaan shalat berjamaah. Oleh karena itu, dengan kegiatan peringatan Isra mi'roj ini, kita jadikan momentum untuk memperbaiki kualitas shalat lima waktu kita". Pungkasnya

Share:

Cari Artikel